MATERI BK: TIGA KATA AJAIB


TIGA KATA AJAIB
Tiga kata ini, sangat sederhana, singkat, dan kadang tampak tak bermakna. Tapi, percayakah saudara ? ada lo, orang yang dibesarkan tanpa pernah memperoleh satu ucapan terimakasih, maaf ,dan tolong. Dia kemudian besar tanpa bisa mengucapkan ketiga hal ini kepada orang lain. Karena dia tidak pernah mengenalnya.
Ketiga kata ini : Terimakasih, maaf, dan tolong adalah tiga kata yang sederhana. Tapi mengandung makna yang sangat dalam dan memberi manfaat besar dalam pergaulan kita bersama manusia lain. Dale Carnegie dan John C Maxwell, tokoh motivator kepemimpinan terkenal bahkan mengungkapkan, tiga kata ajaib ini adalah tiga mantera ajaib untuk membuat orang mengikuti apa yang anda inginkan.
Meski sangat sederhana, mengucapkan ketiga hal ini tentu bukan perkara mudah. Akui saja ! butuh kerendahan hati untuk mengucapkan ketiga kata ini. Sebab, ketika anda meminta maaf berarti anda berani mengakui kekalahan dan kesalahan dan mau memperbaiki kelakuan. Ini butuh sifat rendah hati. Seringkali, kita engga mengakui kesalahan dan cendenrung menyalahkan orang sebisanya. Sifat egois dan sombong ini akan membuat kita lebih pander dari sebelumnya dan tidak belajar apapun
1. Tolong (Help)
Betapa menyenangkan dan takkan terasa berat jika orang meminta bantuan mengucapkan “tolong” pada kita. Ada rasa indah disini, inilah seninya tolong menolong. Cuma dengan sebuah kata, maka hilang sudah kesan menyuruh. Tak perlu malu, tak perlu sungka, mengucapkan kata tolong, setiap kita meminta bantuan bukanlah sesuatu yang hina. Dengan mengucapkan kata tolong, orang yang dimintai bantuan akan merasa dihormati, dan insha Allah ia akan ikhlas membantu kita.
2. Terima Kasih (Thanks)
Dan ketika bantuan itu sudah dating, ucapkanlah terima kasih pada sang pemberi bantuan. Dengan tidak lupa pada Allah swt. Yang mendatangkan bantuan melalui orang tersebut. Tolong menolong, adalah satu hal yang bisa mempererat ukhkuwah islamiyah kita, dan yang memperindah adalah kata tolong dan terima kasih. Bisa jadi, bantuannya tak seberapa, tapi dengan kata terima kasih, sang pemberi bantuan akan merasa dihargai. Dan pastinya dengan senang hati akan membantumu lagi bila kau butuh bantuan.
3. Maaf (sorry)
Tutur kata dan tingkah laku kita boleh jadi menggores luka di hati orang lain. Dan kata maaf bisa jadi obat dari luka tersebut. Memang tidak semua hati yang tersakiti bisa sembuh total dengan sebuah kata maaf. Setidaknya, kata maaf  adalah pertolongan pertama untuk luka tersebut. Obat lebih lanjut adalah menunjukkan rasa penyesalan dan tidak mengulang kesalahan yang diperbuat. Minta maaflah atas segala kesalahan yang mungkin menyakiti hati orang lain, baik itu kesalahan yang besar maupun kecil.
Alangkah indahnya kalau ketiga kata ajaib diatas kembali menghiasi hari-hari kita. Kebiasaan baik yang dulu diajarkan orang tua pada kita yang sering terlupa, padahal banyak memberi kita manfaat.


Sumber : Slamet Windarto, Modul Bimbingan dan Konseling, SMPN 3 Godean,

No comments:

Post a Comment

Adbox