CONTOH PERISTIWA UNIK DAN UNSUR INTRINSIK CERPEN

CONTOH PERISTIWA UNIK DAN UNSUR INTRINSIK

CERITA PENDEK


1.     Dikejar Hantu

Peristiwa yang tidak pernah saya lupakan seumur hidup saya adalah ketika aku dan teman-teman mencoret dinding vila kosong di daerah Waduk Sermo. Waktu itu adik kelas kami sedang mengadakan kegiatan jambore pramuka sekolah. Setelah pulang sekolah kami berniat mengunjungi kamp perkemahan. Di tengah jalan aku dan teman-teman melihat vila kosong. Tanpa pikir panjang kami mencoreti dinding vila itu dengan pilox.

 

Tanpa diduga dan dinyana, malam harinya adik kelas kami kesurupan masal saat melaksanakan jurit malam. Tak hanya malam itu saja, kejadian kesurupan berlanjut ketika acara jambore sudah selesai. Kejadian kesurupan masal berlanjut di SMA kami sampai-sampai mengganggu proses pembelajaran.

 

Setelah diusut ternyata penyebab kesurupan itu adalah tindakan corat-coret yang dilakukan oleh aku dan teman-temanku. Sebagai gantinya, hatu yang merasuki adik kelas kami meminta aku dan teman-teman untuk menghapus coretan yang telah kami buat.

 

2.     Unsur Intrinsik

Tema                     : Horror

Tokoh                    : Ucil, Genter, Yopan, Ceper

Penokohan           : Ucil memiliki sifat ceroboh dan penurut

                                Genter memiliki sifat suka memimpin dan pemberani

                                Yopan memiliki sifat humoris dan profokatif

                                Ceper memiliki sifat profokatif

Alur                       : Alur maju karena cerita akan saya ceritakan secara runtut dari awal sampai akhir peristiwa terjadi

Latar                      : Latar tempat: vila kosong, waduk sermo, sekolah

                                Latar waktu: sore hari, malam hari, ketika pelajaran

                                Latar suasana: mendung dan mencekam

Sudut pandang     : Orang ketiga karena menggunakan nama tokoh


TUGAS MENULIS UNSUR INTRINSIK CERPEN

No comments:

Post a Comment

Adbox