Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2023

 Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2023
SMP Negeri 5 Sleman



       Tepat hari ini, Selasa 21 Februari 2023, masyarakat Indonesia memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).  Melalui peringatan ini, diharapkan dapat meningkatkan  kesadaran warga masyarakat khususnya keluarga besar SMP Negeri 5 Sleman. Adapun tema peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun ini adalah “Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat”.

     Sebagaimana yang kita ketahui bersama, produksi sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga di kabupaten sleman adalah 4813.08 ton setiap bulannya. Jumlah ini tentu saja sangat luar biasa dan menimbulkan keprihatinan bagi semua pihak. Dengan begitu banyaknya jumlah yang ada tentu saja butuh penangan dan tindakan yang efektif untuk mengurangi jumlah sampah setiap harinya.

      Berdasarkan fakta tersebut diatas, serta dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional ini, SMP Negeri 5 Sleman, yang dimotori oleh Kader Kesehatan Remaja (KKR)  melaksanakan  kegiatan Kerja bakti dan Pemilahan Sampah. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 22 Februari 2023, dengan melibatkan seluruh warga sekolah.  

     Kerja bakti dilakukan dengan membersihkan seluruh lingkungan sekolah, kemudian sampah yang ada dipilah berdasarkan jenisnya. Setelah sampah dipilah, khusus sampah yang berbentuk botol dan gelas plastik dikumpulkan untuk dijual dan sebagian dimanfaatkan menjadi barang baru yang bermanfaat(Recycle & Reuse).

     Pengelolaan sampah bukan pekerjaan yang sulit akan tetapi membutuhkan koordinasi, ketelatenan, kerjasama, rasa tanggungjawab, serta konsistensi dari semua pihak untuk supaya produksi sampah dapat dikurangi (Reduce), sampah yang ada dapat dimanfaatkan kembali (Reuse), serta sampah diolah menjadi bentuk berbeda tetapi berdaya guna(Recycle). 

     Kegiatan kerjabakti dan pemilahan sampah yang telah dilakukan KKR & warga sekolah adalah sebuah langkah kecil , tetapi merupakan salah satu langkah awal untuk menjadikan SMP Negeri 5 Sleman sebagai sekolah  adiwiyata mandiri.  


Berikut dokumentasi kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2023



    







No comments:

Post a Comment

Adbox