Edukasi "Peduli Sampah" dalam Pembelajaran Seni Budaya Ketrampilan

Edukasi "Peduli Sampah"

Dalam Pembelajaran Seni Budaya Ketrampilan

SMP NEGERI 5 SLEMAN

                                   

Dalam upaya meningkatkan karakter peserta didik SMP negeri 5 Sleman, khususnya karakter peduli pada sampah, maka Ibu Sarbini, S.Ag selaku guru mata pelajaran SBK telah melaksanakan kegiatan upaya penanaman karakter Peduli Sampah pada Peserta didik kelas 9D pada hari Selasa, 27 Februari 2023.

 Kegiatan ini dilakukan dengan latar belakang, banyak peserta didik yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Ketika peserta didik jajan di kantin, selesai makan & minum, seringkali mereka membuang bungkus/kemasan makanan & minuman disembarang tempat( pot tanaman, laci meja, disela-sela tanaman). Selain itu banyak pedagang di kantin sekolah yang menyediakan jajanan (makanan & minuman) dengan menggunakan kemasan plastic sehingga mau tidak mau produksi sampah disekolah menjadi meningkat.

         Hal tersebut diatas menyebabkan lingkungan sekolah menjadi kurang indah dan kotor. Selain itu dengan banyaknya sampah di lingkungan sekolah tentu saja menjadikan sekolah menjadi lingkungan yang kurang sehat bagi seluruh penghuninya.

Oleh karena itu perlu adanya pembiasaan/penanaman karakter peduli sampah di semua lini kehidupan sekolah, salah satunya dalam pembelajaran SBK. Kegiatan Pembiasaan/penanaman karakter peduli sampah dilakukan dengan cara, pada saat pembelajaran SBK para peserta didik diajak berkeliling di lingkungan sekolah dan memungut sampah yang ditemui kemudian membuangnya ke tempat sampah sesuai dengan jenisnya. Misalnya sampah plastic dimasukkan ke dalam tong sampah berwarna merah, sampah kertas dimasukkan ke tong sampah warna kuning, sampah sisa makanan atau daun dimasukkan ke dalam tong sampah warna hijau.

Selain itu peserta didik diberi pengertian tentang pentingnya menjaga lingkungan sekolah dari sampah demi mewujudkan sekolah Adiwiyata Mandiri yaitu sekolah yang bersih, rapi, sejuk, indah, sehat dan nyaman.

                                                              Foto kegiatan




                                                   

















 


  

No comments:

Post a Comment

Adbox