JAJAN BIJAK UNTUK MENGURANGI SAMPAH PLASTIK

 

JAJAN BIJAK UNTUK MENGURANGI SAMPAH PLASTIK

 


Sampah plastik selalu menjadi masalah utama dalam pencemaran lingkungan baik pencemaran tanah maupun laut. Sifat sampah plastik tidak mudah terurai, proses pengolahannya menimbulkan toksit dan bersifat karsinogenik, butuh waktu sampai ratusan tahun bila terurai secara alami. Sampah merupakan masalah yang besar di sekolah. Terkadang siswa tidak menyadari bahaya yang di timbulkan Oleh sampah. Sampah terdiri dari sampah organik dan anorganik. Sampah organik bisa bermanfaat apabila kita bisa mengolahnya. sampah organik bisa dijadikan untuk humus dan bisa di manfaatkan untuk memupuk tanaman dan  menyuburkan tanaman. Sedangkkan untuk sampah anorganik seperti botol plastik bisa dimanfatkan untuk pot bunga, untuk ekobrik, dll. Sampah di sekolah biasanya didapatkan dari jajanan-jajanan yang disajikan di sekolah.

SMP Negeri 5 Sleman juga memiliki permasalahan sampah seperti sekolah lainnya, namun SMP Negeri 5 Sleman mencanangkan program pengadaan alat makan dan minum untuk setiap siswa di kelas masing-masing. Selain untuk mengurangi sampah, hal ini juga dilakukan untuk mendukung program Sekolah Adiwiyata. Adiwiyata merupakan program pembentukan sikap peserta didik dan warga sekolah terhadap lingkungan. Tujuan Program Adiwiyata adala menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian  hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. 

Selain pengadaan alat makan dan minum, disetiap kelas juga disediakan air galon untuk mengisi ulang botol minum yang dibawa oleh siswa. Dengan diadakannya program pengadaan alat makan dan minum untuk setiap siswa, maka siswa SMP Negeri 5 Sleman sudah menyadari dampak dari limbah plastik dan sudah bertanggung jawab untuk menyelamatkan lingkungan








No comments:

Post a Comment

Adbox