Penilaian Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Sleman

 

        Mulai dari tahun 2022 kemarin SMP Negeri 5 Sleman mengajukan untuk dapat menjadi calon sekolah adiwiyata tingkat kabupaten Sleman. Dari satu tahun lalu SMP Negeri 5 Sleman terus berbenah agar dapat mewujudkan sekolah adiwiyata. Hal yang cukup sulit dan menjadi PR untuk sekolah adalah pembiasaan peduli lingkungan oleh peserta didik. Dalam setiap kesempatan bahkan setiap hari, bapak ibu guru terus memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta didik untuk peduli terhadap lingkungan. Utamanya adalah untuk memilah sampah, mengurangi penggunaan sampah plastik serta peduli terhadap tanaman.

 

        Tepat pada hari Selasa tanggal 19 September 2023 TIM Asesor sekolah Adiwiyata Kabupaten Sleman melaksanakan penilaian ke SMP Negeri 5 Sleman. Sedari pagi TIM Adiwiyata sudah bersiap untuk menghadapi penilaian sekolah Adiwiyata. TIM Penilai dari beberapa lembaga, yaitu Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Dinas Pertanian Kabupaten Sleman, Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman, dan OISCA.

 

        Penilaian dilaksanakan dalam dua aspek yaitu dari administrasi yang telah dipersiapkan oleh tiap pokja serta observasi lingkungan. Dalam hal administrasi, TIM Adiwiyata SMPN 5 Sleman telah menyusun laporan-laporan yang dijadikan sebagai bukti bahwa sekolah telah melaksanakan pembiasaan sekolah adiwiyata. Data yang disiapkan terdiri dari 16 pokja dan semuanya telah dilengkapi oleh TIM Adiwiyata SMPN 5 Sleman. Meskipun TIM Adiwiyata merasa sudah melengkapi seluruh bukti tetapi ternyata masih ada hal yang kurang dari apa yang telah disiapkan. Oleh karena itu dari berbagai masukan, kritik dan saran dari TIM Penilai Sekolah Adiwiyata akan dijadikan sebagai motivasi agar dapat melaksanakan pembiasaan sekolah adiwiyata lebih baik lagi. SMP Negeri 5 Sleman bertekad untuk selalu mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Mari wujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.

 


No comments:

Post a Comment

Adbox