SMPN 5 Sleman Menuju Rintisan Sekolah Adiwiyata

         SMP NEGERI 5 SLEMAN MENUJU RINTISAN SEKOLAH ADIWIYATA


                


Rintisan Sekolah Adiwiyata merupakan program yang dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Tujuan dari program ini adalah untuk mendorong sekolah-sekolah di Indonesia untuk menjadi lebih peduli terhadap lingkungan dan melaksanakan praktik berkelanjutan yang mendukung pelestarian lingkungan hidup.

Sekolah yang ingin mengikuti program Rintisan Sekolah Adiwiyata harus memenuhi sejumlah kriteria dan mengimplementasikan  Gerakan berbudaya dan peduli lingkungan sehat di sekolah (GBPLHS) yang berfokus pada pembelajaran dan praktik berkelanjutan terkait lingkungan.

Gerakan berbudaya dan peduli lingkungan sehat di sekolah (GBPLHS) merupakan langkah penting dalam mengedukasi generasi muda khususnya peserta didik, tentang perlunya menjaga dan melestarikan lingkungan. Dengan melibatkan peserta didik dalam gerakan ini, kita dapat membentuk kesadaran lingkungan sejak dini dan mendorong mereka untuk mengadopsi perilaku yang ramah lingkungan sepanjang hidup mereka

SMP Negeri 5 Sleman pada tahun 2023 ini mencanangkan diri untuk menjadi Rintisan Sekolah Adiwiyata, secara terus menerus berupaya mengimplementasikan Gerakan Berbudaya dan Peduli Lingkungan Hidup Di Sekolah (GBPLHS) bagi seluruh warga sekolah.

Gerakan Berbudaya dan Peduli Lingkungan Hidup Di Sekolah (GBPLHS) yang telah dilakukan oleh warga SMP Negeri 5 Sleman antara lain:

1.      Mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup ke dalam kurikulum sekolah

2.     Mengadakan pelatihan  praktik berkelanjutan, antara lain pelatihan membuat kompos, membuat pupuk organik, memanfaatkan bahan bekas menjadi barang yang bermanfaat

3.  Mengurangi penggunaan plastik dengan cara warga sekolah menggunakan wadah dan botol minum (tumbler) dari rumah

4.     Melakukan pemilahan sampah dengan benar,

5.     Membuat area taman hijau di sekolah dengan nama Taman Sambelisa,

6.  Melaksanakan program KLO, yaitu kebersihan, Literasi, dan Olah raga, yang dilaksanakan secara rutin pada hari Jum’at pagi

7.   Penanaman pohon khas Indonesia, seperti manggis, duwet, sapu tangan, sirsat, serta tanaman lain yang merupakan sumbangan dari berbagai pihak, seperti orangtua peserta didik, guru, komite, dan dinas lingkungan hidup.

8.     Melaksanakan pameran hasil karya siswa dari bahan daur ulang

9.     Melakukan kampanye GBPLHS baik melalui brosur, poster, maupun media sosial

10.  Membentuk kader adiwiyata, dengan tugas mensosialisasikan & mengajak teman-teman peserta didik untuk mengimplementasikan GBPLHS dalam kehidupan sehari-hari.

11.  Mengadakan berbagai kegiatan yang terkait dengan peringatan hari lingkungan hidup, hari air sedunia, hari hutan, hari Gizi, dengan bentuk kegiatan kerjabakti, olahraga, membersihkan Sungai di lingkungan sekolah, sarapan sehat, serta Minum susu dan buah.

12.  Bekerja sama dengan instansi terkait untuk mendukung terwujudnya SMP N 5 Sleman sebagai Sekolah Rintisan Sekolah Adiwiyata, seperti Dinas Lingkungan Hidup, SMK Negeri 1 Tempel, Komunitas lingkungan hidup, Pengelolaan Sampah Organik “UD Putra Santoso”.

 

Dengan kerja sama dan menggabungkan pendidikan, kesadaran, dan aksi konkret, gerakan berbudaya dan peduli lingkungan hidup di sekolah , dan didukung dengan Kerjasama antara peserta didik, orang-tua , guru, karyawan, komite, serta pihak terkait, diharapkan akan terbentuk peserta didik yang lebih peduli terhadap lingkungan dan mampu membuat perubahan positif dalam melestarikan bumi kita.





No comments:

Post a Comment

Adbox