BERKARYA DARI HASIL KEKAYAAN ALAM SEKOLAH

 

Pemanfaatan Tumbuhan di Sekolah Melalui Edukasi Ecoprint

Mata Pelajaran : Prakarya Kelas 7 2023/2024

Materi : Kerajinan Bahan Serat Alam (Ecoprint Teknik Pounding)


SMP Negeri 5 Sleman merupakan salah satu sekolah yang memiliki lahan yang luas dan subur. Berbagai jenis tanaman dapat di temukan di SMP Negeri 5 Sleman, mulai dari tanaman hias, berbagai jenis bunga, pohon buah-buahan sampai tanaman obat tumbuh subur di tanah SMP Negeri 5 Sleman. Ketika musim buah-buahan, pohon buah-buahan di SMP Negeri 5 Sleman berbuah lebat dan bisa dikonsumsi bersama, begitu pula tanaman herbal yang pemanfataannya sudah sampai berinovasi contohnya sereh yang diolah menjadi permen dan jelly. Tanaman bunga dan tanaman hias yang melimpah juga dapat dimanfaatkan oleh peserta didik melalui pembelajaran pembuatan ecoprint.

 Ecoprint dapat diartikan sebagai teknik mencetak pada kain dengan menggunakan pewarna alami dan membuat motif dari daun secara manual yaitu dengan cara ditempel sampai timbul motif pada kain. Mengutip dari laman namiraecoprint.com, teknik pembuatan ecoprint mulai diperkenalkan di negara India awal tahun 2000 oleh India Flint, yaitu daun-daunan ditempet pada kain sutera atau wool kemudian digulung dan dimasukkan ke dalam steam.

Pada pembelajaran prakarya kelas VII terdapat materi Kerajinan Bahan Serat Alam, materi praktik yang dipilih adalah ecopprint teknik pounding. Teknik pounding dipilih karena agar memudahkan peserta didik dalam pelaksanaan praktiknya. Tahap pertama yang dilakukan peserta didik adalah mencari tumbuhan yang memiliki warna hijau yang pekat (zat klorofil tinggi) atau yang berwarna unik yang ada disekitar sekolah.


 Setelah peserta didik memilah dan memilih daun dan bunga, maka tahap berikutnya adalah peserta didik menyiapkan kain, palu pemukul dan plastik untuk kemudian mencetak bunga dan daun yang tadi sudah didapatkan dengan cara dipukul-pukul.


 Setelah selesai, peserta didik mencelupkan kain yang sudah ada pola bunga dan daun kedalam air tawas lalu kemudian di jemur. 


Setelah semua tahap dilalui, air tawas hasil penguncian ecoprint tadi, bisa digunakan untuk menyiram tanaman yang ada di sekolah.

Nah, itu dia gambaran pemanfataan alam untuk kepentingan pembelajaran yang ramah lingkungan dan limbah yang dihasilkanpun bisa kembali lagi untuk alam. Kita patut bangga karena SMP Negeri 5 Sleman memiliki sumber daya alam yang melimpah.


No comments:

Post a Comment

Adbox