BABEDARU Untuk Memperingati HGN


      Hari ini tanggal 25 Januari 2023 diperingati sebagai Hari Gizi Nasional (HGN). Dengan adanya peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya pemenuhan gizi seimbang. Sehubungan dengan hal tersebut, untuk memberikan kesadaran kepada peserta didik agar terbiasa untuk mengkomsumsi makanan dengan gizi seimbang, peserta didik kelas 7 dan 8 SMPN 5 Sleman melakukan kegiatan sarapan bersama. Hal ini bukan pertama kali dilaksanakan di SMPN 5 Sleman, sebelumnya secara terjadwal dilaksanakan kegiatan BABEDARU (bawa bekal dari rumah). 

      Peserta didik didampingi wali kelas sarapan bersama pada saat istirahat pertama. Sebelum peserta didik menikmati bekal yang dibawa, terlebih dahulu wali kelas memimpin berdoa. Setelah selesai berdoa peserta didik dipersilakan untuk menikmati bekal yang mereka bawa dari rumah. Bekal yang dibawa peserta didik dari rumah adalah makanan sehat dan bergizi. Seluruh peserta didik antusias untuk membawa kemudian menikmati bekal yang telah disiapkan oleh orang tua mereka. Bekal yang dibawa peserta didik diantaranya adalah nasi, sayur, lauk serta air mineral bahkan beberapa peserta didik juga ada yang membawa buah. Dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan peserta didik dapat terbiasa untuk makan makanan sehat dan bergizi dan mengurangi makanan instan yang berpengawet. Memang anak-anak zaman sekarang lebih gemar untuk jajan makanan yang mengandung pengawet, pewarna, pemanis, dan perasa buatan. Apabila peserta didik terus mengkomsumsi makanan tersebut pasti akan berpengaruh buruk terhadap kesehatannya. 

      Selain berpengaruh buruk terhadap kesehatan, makanan yang mayoritas dibungkus plastik juga akan menambah jumlah limbah yang berdampak buruk bagi lingkungan. Dengan demikian selain peserta didik dapat menikmati makanan sehat dan bergizi, peserta didik juga sudah membantu untuk mengurangi jumlah sampah plastik. Dengan semangat peringatan Hari Gizi Nasional mari lebih peduli dengan kesehatan dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.


Foto Kegiatan Sarapan Bersama






No comments:

Post a Comment

Adbox