RPP Matematika Statistika


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP )

Satuan Pendidikan       :    SMP NEGERI 5 SLEMAN
Mata Pelajaran             :    MATEMATIKA
Kelas/ Semester           :    VIII/2
Materi Pokok                :    STATISTIKA
Alokasi Waktu               :    2 X 40 Menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI 1           :    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2           :    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3           :    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait  fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4           :    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,  membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


B.    Kompetensi Dasar (KD), Indikator Pencapaian Kompetensi
No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
3.10   Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi

3.10.1   Menganalisis data berdasarkan distribusi data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan dan membuat prediksi
3.10.2   Menganalisis data berdasarkan nilai rata-rata untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan dan membuat prediksi
3.10.3   Menganalisis data berdasarkan median untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan dan membuat prediksi
3.10.4   Menganalisis data berdasarkan modus untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan dan membuat prediksi
3.10.5   Menganalisis data berdasarkan modus untuk mengambil kesimpulan, membuat  keputusan dan membuat prediksi

4.10   Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
4.10.1   Menganalisis data  berdasarkan distribusi data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan dan membuat prediksi
4.10.2   Menganalisis data berdasarkan nilai rata-rata untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan dan membuat prediksi
4.10.3   Menganalisis data berdasarkan median untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan dan membuat prediksi
4.10.4   Menganalisis data berdasarkan modus untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan dan membuat prediksi
4.10.5   Menganalisis data berdasarkan modus untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan dan membuat prediksi


C.   Tujuan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
·        Melalui model discovery learning, peserta didik dapat  menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya (tabel,diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran), dengan menggunakan literasi media, kerjasama, kreatif, berfikir kritis, serta penuh rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·        Melalui model discovery learning, peserta didik dapat  Menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran, dengan menggunakan literasi media, kerjasama, kreatif, berfikir kritis, serta penuh rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·        Nilai karakter yang dikembangkan : kerjasama, percaya diri, rasa ingin tahu dan teliti.


D.   Materi Pembelajaran
1.   Materi Pembelajaran Reguler
1)      Fakta
Dalam kehidupan sehari-hari, sering dijumpai penerapan statistika. Data tentang peminatan ekstrakurikuler, ukuran sepatu, tinggi badan, dapat disajikan dengan mudah menggunakan ilmu statistic., selain itu, dengan statistika dapat diketahui nilai tengah, nilai rata-rata, dan nilai yang sering muncul.







2)      Konsep

·      Pengukuran Data
·      Menganalisis, membaca dan memprediksi

·      Ukuran Pemusatan Data
·      Mean
·      Yang dimaksud mean atau nilai rata-rata adalah jumlah seluruh data dibagi dengan banyaknya data.
·      Median
·      Yang dimaksud median adalah nilai data yang letaknya di tengah dari data yang telah diurutkan dari nilai terkecil sampai nilai terbesar.

·      Modus
·      Yang dimaksud modus adalah data yang paling sering muncul atau yang memiliki frekuensi terbanyak dari sekumpulan data.


·      Ukuran Penyebaran Data
·      Jangkauan
·      Yang dimaksud jangkauan atau range adalah selisih data terbesar dengan data terkecil dari sekumpulan data.

·      Kuartil
·      Yang dimaksud dengan kuartil adalah data yang membagi posisi sekumpulan data yang telah diurutkan menjadi empat bagian. Dalam satu urutan data terdapat 3 kuartil yaitu kuartil bawah, kuartil tengah, dan kuartil atas.
·      Jangkauan Interkuartil
·      Jangkauan Antar Kuartil ( Hamparan)
Yang dimaksud jangkauan antar kuartil atau hamparan adalah selisih antara kuartil atas dengan kuartil bawah.
·      Simpangan Kuartil
·      Yang dimaksud semi antar kuartil atau simpangan kuartil adalah setengah dari selisih antara kuartil atas dengan kuartil bawah.

3)      Prosedur
Analisis Data
Menentukan Rata-rata
Cara menghitung mean adalah dengan menggunakan rumus menghitung nilai rata-rata dari sekumpulan data sebagai berikut.
Rata-rata =

Menentukan Median
Cara Menghitung Median dengan Banyaknya Data Ganjil
Pada data yang banyaknya ganjil maka ada satu data di tepat tengah data yang telah diurutkan. Jika banyaknya data ganjil, maka median adalah data yang letaknya tepat di tengah sekumpulan data yang telah diurutkan tersebut .
Misalkan kita akan menghitung median dari 11 data berikut: 21, 27, 23, 25, 21, 28, 24, 27, 26, 25, 21
Urutan data dari yang terkecil: 21, 21, 21, 23, 24, 25, 25, 26, 27, 27, 28
Median adalah data yang di tengah urutan yaitu 25
Cara Menghitung Median dengan Banyaknya Data Genap
Pada data yang banyaknya genap maka ada dua data di tepat tengah data yang telah diurutkan. Jika banyaknya data genap, maka median data adalah rata-rata kedua data yang letaknya tepat di tengah sekumpulan data yang telah diurutkan tersebut .
Misalkan kita akan menghitung median dari 12 data berikut: 24, 33, 47, 60, 30, 24, 25, 35, 49, 41, 52, 58,
Urutan data dari yang terkecil: 24, 24, 25, 30, 33, 35, 41, 47, 49, 52, 58, 60
Median adalah rata-rata dua data di tengah = (35+41)/2 = 76/2 = 38

Menentukan Modus
Cara menentukan modus adalah dengan menghitung frekuensi semua data lalu memilih data yang frekuensi munculnya terbesar.
Misalkan kita akan menghitung modus dari 10 data berikut: 7, 9, 8, 10, 6, 8, 6, 8, 7, 8
Dari data tersebut angka 8 muncul paling sering yaitu empat kali, angka 6 dan 7 muncul dua kali, sedangkan angka 9 dan 10 muncul sekali. Maka modusnya adalah 8.

Menentukan Ukuran Penyebaran Data
Jangkauan (Range)
Cara menghitung jangkauan adalah dengan menggunakan rumus menghitung jangkauan dari sejumlah data berikut ini.
jangkauan = data terbesar – data terkecil
Misalkan kita akan menghitung jangkauan dari 8 data berikut: 15, 16, 17, 21, 14, 19, 20, 15.
Berdasarkan data tersebut data terbesar adalah 21, dan data terkecil adalah 14
Jangkauan = data terbesar – data terkecil = 21 – 14 = 7
Kuartil
Cara menentukan kuartil adalah sebagai berikut.
·       Kuartil bawah adalah data pada posisi 1/4 dari kumpulan data yang telah diurutkan. Kuartil bawah disimbolkan dengan Q1.
·       Kuartil tengah adalah data pada posisi 2/4 dari kumpulan data yang telah diurutkan. Kuartil tengah sama dengan median. Kuartil tengah disimbolkan dengan Q2.
·       Kuartil atas adalah data pada posisi 3/4 dari kumpulan data yang telah diurutkan. Kuartil atas disimbolkan dengan Q3.
Posisi ketiga kuartil ditentukan dari rumus berikut.
Posisi Qi = i(n+1)/4
i = indeks kuartil yaitu 1, 2, 3 dan n = banyaknya data
Misalkan kita akan menentukan kuartil bawah, tengah, dan kuartil atas dari 15 data berikut: 11, 24, 12, 15, 12, 18, 22, 25, 26, 27, 17, 22, 24, 19, 12.
Urutan data dari yang terkecil:
11, 12, 12, 12, 15, 17, 18, 19, 22, 22, 24, 24, 25, 26, 27
Posisi ketiga kuartil adalah sebagai berikut
Posisi Q1 = 1.(15+1)/4 = (16)/4 = 4 (data urutan ke 4)
Posisi Q2 = 2. (15+1)/4 = 2(16)/4 = 8 (data urutan ke 4)
Posisi Q3 = 3. (15+1)/4 = 3(16)/4 = 12 (data urutan ke 4)
Berdasarkan posisi kuartil pada urutan data maka dapat ditentukan ketiga kuartil
11, 12, 12, 12, 15, 17, 18, 19, 22, 22, 24, 24, 25, 26, 27
Jadi
kuartil bawah adalah 12
Kuartil tengah = median = 19
Kuartil atas = 24
Jangkauan Antar Kuartil ( Hamparan)
Jangkauan antar kuartil diberi simbol H.
H = Q3 – Q1
Simpangan Kuartil
Simpangan kuartil diberi simbol Qd.
Qd = ½ ( Q3 – Q1)

4)      Metakognisi
Penerapan statistika dalam kehidupan sehari-hari sering dijumpai. Misalnya data tentang pemilihan minat dan bakat siswa, data tentang ukuran sepatu, data tentang kependudukan, dan lain-lain. Data tersebut dapat disajikan dengan mudah menggunakan statistika.
Dengan statistika, data yang diperoleh  dapat disajikan dengan table atau diagram, sehingga mempermudah menganalisis, membaca dan memprediksi.

Model Pembelajaran : Problem Based Learning
Metode pembelajaran : Diskusi dan tanya jawab
Pendekatan : Saintifik (scientific

E.    Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan  : Saintifik
2.   Model            : Discovery Learning
3.   Metode          : Diskusi, Presentasi, Tanya jawab

F.    Media Pembelajaran
1.    Laptop,
2.    Spidol.
3.    Bahan PPT

G.   Sumber belajar
1.    Asy’ari Abdur Rahman, dkk. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.    Buku referensi yang relevan
3.    Internet http://ukurandansatuan.com/cara-menghitung-mean-median-modus-jangkauan-kuartil-desil-dan-persentil.html/

H.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

TAHAP PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU
A.   Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan
(persiapan/orientasi)
Guru :
Orientasi
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
15 menit

Apersepsi
·         Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
·         Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·         Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi




·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
·         Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
·         Hubungan antara data dengan cara penyajiannya
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
·         Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan
·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·         Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
·         Pembagian kelompok belajar
·         Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

B.   Kegiatan Inti
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)







KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Hubungan antara data dengan cara penyajiannya dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Hubungan antara data dengan cara penyajiannya.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Hubungan antara data dengan cara penyajiannya untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Hubungan antara data dengan cara penyajiannya.
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Hubungan antara data dengan cara penyajiannya.
v Mendengar
Pemberian materi Hubungan antara data dengan cara penyajiannya oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Hubungan antara data dengan cara penyajiannya
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.



55 menit
Problem statement (pernyataan/identifikasi masalah)








CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Hubungan antara data dengan cara penyajiannya
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.



Data collection (pengumpulan data)



KEGIATAN LITERASI


Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Hubungan antara data dengan cara penyajiannya yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Hubungan antara data dengan cara penyajiannya yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Hubungan antara data dengan cara penyajiannya yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Hubungan antara data dengan cara penyajiannya yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Hubungan antara data dengan cara penyajiannya.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Hubungan antara data dengan cara penyajiannya yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Hubungan antara data dengan cara penyajiannya sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Hubungan antara data dengan cara penyajiannya
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.


Data processing (pengolahan data)



COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Hubungan antara data dengan cara penyajiannya
v Mengolah informasi dari materi Hubungan antara data dengan cara penyajiannya yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Hubungan antara data dengan cara penyajiannya.


Verification (pembuktian)


CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Hubungan antara data dengan cara penyajiannya
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.


Generalization (penarikan simpulan)

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Hubungan antara data dengan cara penyajiannya berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Hubungan antara data dengan cara penyajiannya
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Hubungan antara data dengan cara penyajiannya dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Hubungan antara data dengan cara penyajiannya yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)

v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Hubungan antara data dengan cara penyajiannya
v Menjawab pertanyaan tentang materi Hubungan antara data dengan cara penyajiannya yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Hubungan antara data dengan cara penyajiannya yang akan selesai dipelajari
·         Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Hubungan antara data dengan cara penyajiannya yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.


C.   Kegiatan Penutup

Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Hubungan antara data dengan cara penyajiannya yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Hubungan antara data dengan cara penyajiannya yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Hubungan antara data dengan cara penyajiannya.
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Hubungan antara data dengan cara penyajiannya.
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Hubungan antara data dengan cara penyajiannya kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

10 menit

I.      Penilaian
a.    Teknik Penilaian
a.  Kompetensi Sikap Spiritual
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Lembar observasi
(Catatan Jurnal)
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

b.  Kompetensi Sikap Sosial
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Lembar observasi
(catatan jurnal)
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)



c.  Kompetensi Pengetahuan

Indikator Pencapaian Kompetensi :
3.10.1      Menganalisis data berdasarkan distribusi data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan dan membuat prediksi

Teknik Penilaian      :    Tes Tertulis
Bentuk Penilaian      :    Pilihan Ganda
Instrumen

Nomor Soal 1




Indikator Pencapaian Kompetensi :
3.10.1      Menganalisis data berdasarkan distribusi data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan dan membuat prediksi

Teknik Penilaian      :    Tes Tertulis
Bentuk Penilaian      :    Pilihan Ganda
Instrumen

Nomor Soal 2





d.  Kompetensi Keterampilan
Indikator Pencapaian Kompetensi :
4.10.1      Menganalisis data  berdasarkan distribusi data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan dan membuat prediksi

Teknik Penilaian      :    Tes Tertulis
Bentuk Penilaian      :    Uraian
Instrumen

Nomor Soal 3



Banyaknya halaman pada bab IV adalah … .



Rubrik
Skor:
Nomor 1, jika  benar mendapat skor 2
Nomor 2, jika benar mendapat skor 3
Nomor 3, jika benar mendapat skor 5
Nomor 3, jika benar proses, hasilnya salah, mendapat skor 3
Nomor 3, jika salah proses, hasilnya benar, mendapat skor 2
Nomor 3, jika salah proses, hasilnya salah, mendapat skor 1

Skor maksimum 10

Nilai = skor x 10



1.   Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai
ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a.   Bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%,
b.   Belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%, dan
c.   Pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.

2.   Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal PAT.








Mengetahui                                                                             Sleman, 11 Maret 2020
Kepala SMP N 5 Sleman                                                        Guru Mapel Matematika



Drs. Bintoro Johan, M.Pd.                                                      Antonius Djaka Sugianto
NIP. 19641205 199512 1 001                                                NIP. 19631109 198601 1 003




Lampiran 1

LKPD
Menyajikan data dalam bentuk diagram batang

Tujuan : Siswa dapat menyajikan data dalam diagram batang

Petunjuk :
1.      Kerjakan tugas ini secara individu
2.      Setelah selesai bawa ke kelompokmu untuk didiskusikan
3.      Persiapkan  alat – alat tulis yang diperlukan
4.      Hasil tugas dipresentasikan kemudian dikumpul.
5.       Setiap anggota kelompok akan dinilai dalam hal kemampuan bekerja sama dalam kelompok

Berikut ini tabel penyanyi kesukaan siswa kelas IX SMP
No
Lagu Kesukaan
Frekuensi
1
Zivilia
35
2
Smash
30
3
Cherry Belle
50
4
XO IX
10
5
Sule
15
6
Super Junior
45
7
Armada
15

Jumlah
200

Sajikan data di atas dalam bentuk diagram batang !
Untuk membuat diagram batang kalian dapat mengikuti langkah – langkah berikut ini : Diagram batang yang akan kalian buat adalah diagram batang vertikal
1.        Buatlah sebuah garis tegak lurus/vertikal dan mendatar /horizontal  yang berpotongan di titik nol
2.        Garis vertikal biasanya menyatakan banyak data/frekuensi
3.        Garis horizontal untuk menyatakan kategori
4.        Bagilah garis vertikal  menjadi beberapa bagian ( menjadi garis bilangan mulai dari nol ) sesuai dengan frekuensi, berdasarkan tabel bisa kalian bagi menjadi kelipatan 5  atau 10
5.        Buatlah batang – batang pada garis horizontal sebanyak kategori , berdasarkan tabel ada 7 batang , beri nama yang sesuai mulai dari zivilia, smash, dan seterusnya
6.        Tariklah garis putus – putus sesuai frekuensi setiap kategori secara horizontal dari garis vertikal kemudian sesuaikan panjang batang pada nama kategori sesuai frekuensinya. Lanjutkan sampai selesai
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini





LKPD
Menyajikan data dalam diagram garis


Tujuan : Siswa dapat menyajikan data dalam diagram garis
Petunjuk :
1.      Kerjakan tugas ini secara individu
2.      Setelah selesai bawa ke kelompokmu untuk didiskusikan
3.      Persiapkan  alat – alat tulis yang diperlukan
4.      Hasil tugas dipresentasikan kemudian dikumpul.
5.       Setiap anggota kelompok akan dinilai dalam hal kemampuan bekerja sama dalam kelompok

Berikut ini jumlah penjualan buku di koperasi selama satu Minggu. Sajikan data dalam bentuk diagram garis.  
No
Hari
Jumlah buku terjual
1
Senin
24
2
Selasa
30
3
Rabu
12
4
Kamis
20
5
Jumat
8
6
Sabtu
16

Jumlah
110

Jawaban :


LKPD
Menyajikan data dalam diagram lingkaran

Tujuan : Siswa dapat menyajikan data dalam diagram lingkaran


Petunjuk :
1.      Kerjakan tugas ini secara individu
2.      Setelah selesai bawa tugas ini dan diskusikan dengan kelompokmu
3.      Persiapkan  alat – alat tulis yang diperlukan ( jangka , busur )
4.      Hasil tugas dipresentasikan kemudian dikumpul.
5.       Setiap anggota kelompok akan dinilai dalam hal kemampuan bekerja sama dalam kelompok

Sajikan data berikut ini dalam diagram lingkaran !
No
Mata Pelajaran
Banyaknya siswa
1
Matematika
200
2
Fisika
100
3
Biologi
50
4
Bahasa Inggris
150
5
Bahasa Indonesia
100

Langkah – langkah membuat diagram lingkaran :
a.       Buatlah gambar sebuah lingkaran
b.      Bagilah lingkaran tersebut menjadi beberapa juring lingkaran sesuai dengan banyak kategori
c.       Untuk perhitungan besar juring ada beberapa hal yang harus diingat dan dipahami
Jumlah frekuensi = 100 % atau 3600 
d.      Untuk lebih jelasnya perhatikan cara menghitung besar sudut setiap juring sesuai soal di atas
Jumlah seluruh siswa = 500 orang = 100% atau 3600 

Matematika                 = 200 orang =  x 3600   =  144 0

Fisika                          = 100 orang =  x 3600   =  72 0

Biologi                        = ..... orang =  x 3600   =  .....0

Bahasa Inggris            = 150 orang =   x 3600   =  ..... 0

Bahasa Indonesia        = 100 orang =   x 3600   =  72 0

                       

















LKPD
Membaca Data Dalam Diagram

Tujuan : Siswa dapat membaca dan menginterpretasi diagram batang, garis, dan lingkaran


Petunjuk :
1.      Kerjakan tugas ini secara individu
2.      Setelah selesai bawa tugas ini dan diskusikan dengan kelompokmu
3.      Persiapkan  alat – alat tulis yang diperlukan ( jangka , busur )
4.      Hasil tugas dipresentasikan kemudian dikumpul.
5.      Setiap anggota kelompok akan dinilai dalam hal kemampuan bekerja sama dalam kelompok

1.      Perhatikan diagram batang berikut !


a.       Buatlah judul yang sesuai dengan diagram di atas
b.      Pada tahun berapa terjadi kenaikan jumlah perempuan dan laki – laki terbesar ?
c.       Berapakah jumlah laki – laki pada tahun 2003 ?
d.      Dapatkah kamu memperkirakan jumlah laki – laki dan perempuan pada tahun 2007

Jawaban :






2.      Perhatikan diagram lingkaran berikut !


Diagram di atas menunjukkan banyaknya hasil pertanian ( dalam ton ) di suatu daerah. Jika hasil pertanian di daerah tersebut 40 ton, tentukan jumlah hasil panen padi , jagung, gandum, dan ketela !
Jawaban :


3.      Perhatikan diagram garis berikut !



Diagram tersebut menunjukkan jumlah buku yang terjual selama satu minggu di toko buku reading. Tentukan :
a.       Penjualan buku terbesar
b.      Penurunan terbesar penjualan buku
c.       Peningkatan terbear penjualan buku
d.      Jika harga buku dianggap sama Rp 7.000,00 berapa rupiah penjualan buku selama seminggu
Jawaban :


Lampiran RPP. (2) Lembar Penilaian Sikap

Catatan Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual dan Sosial

Kelas               :
Hari, Tanggal  :
Pertemuan ke :
Materi Pokok  :
No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ket.

















































































































Lembar Observasi Aspek Sikap

No.
Nama
Inrikator : Kerjasama
Indikator : Percaya diri
Indikator : Teliti
Kerjasama dalam mengerjakan tugas dalam kelompok.
Percaya diri saat mengemukakan pendapat dalam diskusi.
Percaya diri saat mempresentasikan hasil kerja kelompok.
Teliti saat menganalisis permasalahan yang dikerjakan dalam kelompok.
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1.









2.









3.









4.









5.









Dst










Ya       : skor 1, jika sub indikator terlihat konsisten selama 1 hari
Tidak  : skor 0, jika sub indikator tidak terlihat sama sekali
Petunjuk penskoran
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :




No comments:

Post a Comment

Adbox