Talk Show Tangkal Rasjal

 TALK SHOW TANGKAL RASJAL


          Pada hari Kamis, tanggal 19 Oktober 2023, SMP Negeri 5 Sleman bekerja sama dengan Yayasan Gemari Yogyakarta, menyelenggarakan kegiatan Talk show dan sarasehan pelajar Sleman dengan topik Tangkal Kekerasan Jalanan di gedung serbaguna SMP Negeri 5 Sleman. Kegiatan ini dilatarbelakangi dengan kondisi akhir-akhir ini aksi kekerasan jalanan(rasjal) atau sering disebut klitih Kembali marak. Sebagai contoh selama bulan Ramadhan aksi rasjal dibungkus dengan motif perang sarung. Fenomena perang sarung yang marak saat Ramadhan telah bergeser dari tujuan yang semula sebagai hiburan menjadi sarana pertikaian dan ajang kekerasan telah bergeser. Padahal aktivitas ini dulunya digunakan hanya sebagai sarana hiburan sesame teman sebaya, tetapi kian kemari dimanfaatkan para remaja sebagai ajang pertikaian antar kelompok.
        Rasjal yang dibungkus dengan perang sarung hampir terjadi di semua wilayah hukum Polda DIY. Polisi berhasil menangkap sejumlah pelaku, beberapa diantaranya masih dibawah umur.
    Tak hanya selama Ramadhan ini saja aksi klithih terjadi. Berdasarkan data Polda DIY, kekerasan jalanan selalu terjadi  setiap tahunnya. Pada tahun 2020  terdapat 52 kasus klithih dengan pelaku yang ditangkap sebanyak 91 orang.
      Setahun berikutnya jumlahnya meningkat yakni 58 kasus dengan pelaku ditangkap sebanyak 102 orang. Mayoritas pelaku masih berstatus sebagai pelajar, sedangkan sisanya berstatus sebagai pengangguran. Kemudian dari Januari-Nopember 2022 tercatat 17 kasus dengan jumlah pelaku ditangkap 45 orang. Untuk kasus tahun 2023 dari Januari-Februari, Polda DIY telah menangkap 76 anak dibawah umur yang terlibat kekerasan jalanan. Data-data itu menunjukkan kasus klithih cenderung meningkat, mesti sejumlah pihak sudah berupaya mencegah dan menanggulanginya.

      Melihat kondisi tersebut maka diperlukan adanya sarasehan pelajar untuk mencegah dan menangkal terjadinya kekerasan jalanan oleh pelajar. Pada kesempatan ini acara sarasehan dihadiri 100 peserta didik, perwakilan kelas 7,8, & 9, guru dan karyawan SMP Negeri 5 Sleman, komite sekolah,  serta sejumlah tamu undangan.

        Dalam kegiatan talkshow ini narasumber berasal dari Yayasan Gemari, DP3AP2KB, Kepala Bidang SMP Dinas Kab. Sleman, Polsek Sleman, Polres Sleman, serta Tokoh Pendidikan Propinsi D.I.Yogyakarta. Acara talkshow diawali dengan pemberian motivasi dan penjelasan tentang kebijakan Pendidikan dari kepala bidang SMP Dinas Pendidikan kab. Sleman, dilanjutka n materi dari narasumber yang lain, kemudian dialog antara narasumber dengan pelajar SMP Negeri 5 Sleman. Selain itu dalam kegiatan ini juga dihadiri salah satu pelajar berprestasi dari SMP Negeri 10 Yogyakarta yaitu Idayu.

        Semoga dengan adanya talkshow serta penjelasan dari para narasumber tentang bagaimana upaya yang bisa dilakukan oleh pelajar, guru, orangtua, serta pihak terkait dalam upaya mencegah dan menangkal kekerasan jalanan ini bermanfaat bagi semua pihak dan mencapai tujuan yang telah ditentukan. Aamiin.


DOKUMENTASI KEGIATAN













        



No comments:

Post a Comment

Adbox